cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Cakrawala Pendidikan
ISSN : -     EISSN : 24428620     DOI : -
Core Subject : Education,
Cakrawala Pendidikan (CP) merupakan jurnal ilmiah kependidikan. Jurnal ini menerbitkan berbagai artikel tentang kajian ilmiah dan hasil penelitian pendidikan baik dalam pengertian luas (pendidikan secara umum) maupun khusus (menunjuk pada bidang-bidang studi tertentu). Pemuatan suatu artikel diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pengembangan konsep keilmuan dan aplikasinya atau pada pemahaman pendidikan di Indonesia. Jurnal CP terbit tiga kali dalam satu tahun, yaitu edisi Februari, Juni, dan November, diterbitkan oleh LPPMP Universitas Negeri Yogyakarta
Arjuna Subject : -
Articles 16 Documents
Search results for , issue "CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1997,TH.XVI" : 16 Documents clear
PENDIDIKAN BERWAWASAN BUDAYA SEBAGAI POLA ILMIAH POKOK IKIP YOGYAKARTA Darmiyati Zuchdi Darmiyati Zuchdi
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1997,TH.XVI
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (491.477 KB) | DOI: 10.21831/cp.v3i3.9104

Abstract

Hasil penelitian menunjultkan bahwa: "Pendidikan Bemawasan Budaya" baikrecara hukum maupun secara konseptual selaras dengan tujuan pendidikan nasionaldan tujuan pendidibn tinggi. Tujuan PIP "Pendidikan Bewawasan Budaya" ialahterbentuknya manusia berbudaya. yang salah salu dimensinya adalah berbudaya ilmu.Perilaku budaya memiliki ciri mampu mengelispresikan potensi dan nilai keilmuan,kemanusiaan dan kemasyarakatan. Proses belajar-mengajar bemawasan budaya berupaproses asimilasi, yang memiliki ciri adanya keterlibatan langsung subjek didik danmmebnbn budaya proses (mengolah informasi, melakukan intemalisasi, menghasilkansesuatu). Dalam menyikapi subjelt didik hams tercipta kondisi sosialisasi;pengalaman berpikir subjek didik meliputi berpikir linier-silematik dan berpikirkrealif-ristcmik. Dalam bidang penelitian dan pengabdian pada rnasyarabt perludiadakan berbagai usaha yang mendukung pencapaian PIP "Pendidikan BewawasanBudaya".
PEMEROLEHAN BAHASA ANAK DAN PERANAN ORANG TUA Siti Nurbaya Siti Nurbaya; Mujinem Mujinem
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1997,TH.XVI
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (259.342 KB) | DOI: 10.21831/cp.v3i3.9129

Abstract

Bahasa adalah alal komunikasi yang digunakan oleh manusia untukmenyampaikan ide. dan perasaan antara saama manusia. Proses pememlehan bzhasamanusia krlangsung sejak kecil. Keluarga, orang tua. ternan sebaya. lingkungan dankegiatan komunibsi dapal mempengaruhi proses pemerolehan bahasa manusia.khususnya anak-anak.Keluarga (orang tua) sebagai lempat ulama dan penama bagi anak untukmendaparbn pendidikan hams dapat benindak bijahna, agar si anak memperolehdan dapal rnenggunakan bahasa dengan bail;. Orang tua selain dapat memberikanconloh yang hail; tentang bahasa dan penggunaannya, juga dapat menerapkanprinsip-prinsip belajar bahasa dengan asasiari pada saat anak helajar bahasa.
KAJIAN KESTABILAN INTI DENGAN PENDEKATAN ENERGI PENGIKAT INTI I Made Sukarna I Made Sukarna
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1997,TH.XVI
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (235.837 KB) | DOI: 10.21831/cp.v3i3.9148

Abstract

Kestabilan inti mempakan p e ~ a l a n energi. Energi yang rerkail denganmasalah tersebut adalah energi pengikat inti. Energi pengikat inti adalah energi y n gdilepas mar nukleon bebas membentuk inti. Energi pengikat inti dibagi jumlah nulrleondisebut energi pengikat inti rau-rata pernukleon. Energi pengikal inli dan energipengikat rau-rats pernukleon dapat menjelaskan kestabilan relalif nultlida. Nuklidakurang stabil dapat melumh menjadi nultlida lain, yang energi pengikat rata-talapernukleonnya lebih kecil. Di samping itu energi pengikal inti dan energi pengikalrata-rala pernukleon dapal rnemperttirakan bgarnya energi yang tedibal dalam realtsispantan inti (peluruhan) realtsi fisi, fusi, dan reaks/ penembakan inti.
PENDIDIKAN ORANG TUA DALAM UPAYA MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN ANAK Dylmoon Hidayat Dylmoon Hidayat; Murdanu Murdanu
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1997,TH.XVI
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (325.558 KB) | DOI: 10.21831/cp.v3i3.9136

Abstract

Pendidikan adalah langgung jawab bemma keluarga. masyarabt danpemerinlah. Sampai sanr ini peran hngrung keluarga (oranglua) klum nnmpak jelasdalanl proses pendidibn di sekolah, kecuali sekedar menaalang dana lambahanoperasional lewat BP3.Banyak kegialan alau aktivilas yang memberi peluang pada kcterlibatanorangtua dalam bidang pndidibn di sekolah. Tetapi aktivitas itu banyak mengalamikendala-kendala karena berbagai bktor yang ada dalam sistem pendidikan. masyarakalmaupun keluarga sendiri.Tuliwn ini benujuan menggaliikegialan-kcgiatan mana yang mcmberi peluangperan sena orangtua dalam pendidikan di sekolah, hambalan yang dihadapi. Janmenauvrhn program pendidibn oranglua sebagai allernatif pennnggulangannya.
MAKNA STRATEGIS PENDIDIKAN UNGGUL DALAM MEMACU AKSELERASI PEMBANGUNAN BANGSA Arif Rohman, Arif Rohman
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1997,TH.XVI
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (310.533 KB) | DOI: 10.21831/cp.v3i3.9105

Abstract

Pendidikan merupalran inslurmen straiegis untuk menyiapkan keienediaansumb~rdayan lanusia brrkualitss di berbsgai bidaiig profesi dan ke3hlian. Ketenediaansumberdaya manusia ini penling dalam rangka rnrniacu akelerasi pembangunanbangra. Irbih-lehih unluk menyongsong era pasar behas lahun 2003 di lrawasan regional(ASEAN) dan tahun 2020 di tingkat mondial (A5ia-Pasifik) agar kila dapat rnenjadipernenang ftlte winner).Sumbcrdaya manuaka yang dibutuhkan 1rnr.hul idmlny adalah sumhc.rdn;tnvanusi;t yang unggul-kompclili[. yakni unggul secara in1cm;nl dan rkslm~al.l ingjiulsccara inlernal ditandai dengan adanya: (aj kualilas pribadi reperti keulelan.kcianggullan. kernandirian. dnn kclcksnan. (h) kualilar penguasaan iplek. dan (c)ku:~lilas moral serta kcirn;tnan. Srdal~g unggul srcara eksternal- mcrujuk pitda: (a)]"nduklivilas kerja. (b) disiplin kcrjs. (r.1 keniampuan korrspondcnsi dan kerja kulekrif.serti, (J) kemampuan menyclesaikan mi~salnhse cara cepal dan irpat.Ole11 karrna adanya desakln aB~n kebuluhan lenchul. liiaka rnuncul kehijakilnpcndidikan unayul (exccllenl) ?an$ mc!igcml,an lug:~s nelahirkan lenagii-1eni1g:t ):Insdihir:rpknn. Niln~un pad:, diltilran riil. pelali~anailn peedidikan ungglll khususnyasckolall tlliggul rli tingla ntencngitlt ymg adn masill inlmgalami distnmi aplihlrf Jan~cm:tknilaa. ktrennnya. h,milrrrco y n g si~ngg~~I~.s~!nggil~,~taluI)k ~IL.IIIICIII~L~IIp~ndidikitl,d ill;trn mngka mernacu nk,clcrasi pmmbangoni~nb an;stl. Iclrih dilunlltl Ihgi.
PENERAPAN DIAGONALISASI MATRIKS DALAM GENETiKA TERAPAN Kristina Wijayanti, Kristina Wijayanti
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1997,TH.XVI
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (239.22 KB) | DOI: 10.21831/cp.v3i3.9138

Abstract

Untuk mendapalkan bibit unggul pada lanaman dan hewan temak, perludilakubn selebi genetik. Sifal-sifat yang diinginkan pada varielas unggul diseleltsi daribeberapa generasi. Tulisan ini benujuan untuk menyajikan penerapan beberapa konsepdalam aljabar linier, khususnya nilai dan vektor eigen serta diagnonalisasi malrib,dalam genelika.Pandang M suatu matrilts bujunangkar yang dapat didiagonalkan. Denganmenggunakan konsep nilai dan veklor eigen sena diagonalisasi matrib dapat diperolehprosedur untuk mendiagonalkan malrib M, schingga dengan mudah dapat dihilungMn, dengan n bilangan asli.Jika diketahui distribusi genotip dan pola perkawinan dalam sualu populasidapat diramalkan distribusi genotip lenebul selelall gencrasi kc-n. Hal ini dapaldilakukan dengan menggunakan perhitungan diagonalisasi matrib yangkomponen-komponennya dapat diperoleh dari prluang pemunculan gcnolip turunanke-n untuk kombinasi dari kedua induk.
MENGADAKAN PENTATHLON (KUNO) YANG TELAH TIADA Margono Margono
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1997,TH.XVI
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (279.78 KB) | DOI: 10.21831/cp.v3i3.9150

Abstract

Nomor lomba gahungan (combined events) senantiasa menarik untukdisahikan dan disimak perkembangannya. Di cabang Alletik dikmal: panw lomba.sapla lomha. dan dasa lomha, di samping trilomba yang hiasa dilombakan untuk atletvunior.Apabila menengak ke belakang. pada nlasa Yunani Kuno. telahdilombakanldipenandingkan pula namor-nomor lomba gabungan, sepeni: pancratiandan pentathlon. Kedua nomor ini sangat menarik dan unik, serla pada mas8 iludikisahkan selalu dihadiri banyak penonton.Pentathlon (kuno) yarig unik dan menarik ini, dapat disclenggarakan pada mas8kini. bila dilakukan upaya-upaya. Penama dengan memcdifikasi (dalam carapelalsanaan lomba maupun cara penilaiannya). disesuaikan dengan perkembanganolahraga masa rekarang. Berikutnya dengan mempcrhatibn molivasi para pelakuolahraga yang kiranya tepal untuk melakukan pentathlon (kuno) yang diperbami.
BAHAN BAKAR GAS SEBAGAI BAHAN BAKAR ALTERNATIF PADA KENDARAAN BERMOTOR Lilik Chaerul Yuswono, Lilik Chaerul Yuswono
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1997,TH.XVI
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (396.386 KB) | DOI: 10.21831/cp.v3i3.9143

Abstract

Pesatnya penambahan jumlah keridaraan bermotor dari tahun ke tahunberakibal meningkatnya pencemaran udara sehingga beban lingkungan semakin berat.Kendaraan bermotor mengeluarkan limbah yang paling sulit dilokalisir tingkatoencemarannva karena mem.o un.v ai sifar m. nv.e baran y.a ng- mudah. Berdasarkan hasilpenclili.m Ji 5 w~layahD KI pada cmpat l o b i , rata-mla 70% kcndaraan yang leqanngmelampa"! Baku Mulu Emisi (RME) yang ditenluksn. Scdangkan MCr slsnnya dtn~laam.j,ih memrnuht amhang balar (Tabloid 'OlomoliT. I3 la~wsn1 9Y7). Vi snsl lam.peniambah~n jumlah kendaman bermolor mengakib~lkan a;tdangan mtnyak bum,~ernaktnm pal menipis karrna sebagian besar kendarasn knnolor nimh menggunskanbahan bakai minyak(BB~).DIb erbagm negara yang lclah map. konlrol lerh~rl.4I~~m lrahy ang d!leluarL?nLcnJardan bermolor Iclah Jlkrlakubn -ra kelat Sedangbn dl Indonala rnabpuntelah bznyak kebijakan yang diterapkan pemerintah berkaitan dengan masalahpencemaran tersebut, lelapi hasilnya belum memuaskan. Namun demikian berbagaiupaya terus dilakukan untuk menekan tirnbulnya pencemaran udara. Salah saluprogram yang cukup s u b dalam mendukung Program Langil Biru yang dicanangksnpemerintah adalah Pilot Pmyek Penggunaan Bahan Bakar Gas (BEG) untuk armadataksi dan bus di ibukola Jakarta.Penggunaan bahan bakar gas sebagai bahan bakar allematif untuk kendaraanhemotor berani iuea mendukune oroeram konservasi dan divenifikasi enerei vane: ~~~~~~~ ~ , - -. - - . -lelah dicanangkan pemerinlah beberapa tahun lalu. Bagi pemilik kendaraan.keuntungan y.a ng. d ip.e roleh jib menggunahn BBG adalah: pemabian bahan bakarlebih eonomis. aman " umur -kmakaian mesin lebih lama karena prosespembakarannya lebih sempurna jib banding dengan menggunakan BBM. ~ i l hua1lagi kemudahan yang diperoleh adalah jika BBG habis di tengah pejalanan, makabihan bakamya dt diganti BBM dmgan segera tanpa hams menghenlikankendaraan.
PERANAN AGROINDUSTRI Dl DALAM DIVERSIFIKASI PEDESAAN Hastuti Hastuti
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1997,TH.XVI
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/cp.v3i3.9142

Abstract

Kelerbatasan modal, pengelahuao dan .wnguasaan teknologi benani yangmasih rendah maupun kelerikalan pctani pada cam tenani secara tradisional,ketenediaan lahan untuk kegialan ~nanian yang semakin terbaras senaterkembangnya kondisi perekononlian menuju ekonomi induslri merupakan tantanganuntuk pengembangan seklor penanian. Agroindunri mcrupakan salah satu alternatifpemecahan masalah penanian agar penduduk di pedesaan dapat mempemleh urafhidup yang lebih baik. Agroindusrri merupakan kegialan penanian yang diorientarikanpada perminlaan pasar. Melalui agroinduslri diharapbn berbagai kegialan di pedesaana b n beckembang sebagai kondisi yang menandai munculnya diversilibsi pedesaansehingga lerjadi proses perluasan dan sern;lkin bervariasinya sumber pendapatan rumahlangga di pedesaan. Orientasi petani yang mengacu kepada nilai tambah pmdultsipenanian memberibn dampak pada perhaibn pendapatan di pedesaan.Taraf hidup yang semakin mcningkal dan daya beliyanp, semakin bail;menunlut perluasan pelayanan pemcnuhan kebuluhan yang semakin beraneka ragam.Kondisi demikian lentu saja memerlukan pcrbaikan sarana dan prasarana di pederaanyang mempunyai peranan penting pula unluk perkembangan agroinduslri. Di sampingitu divenilikasi pedesaan aka" lebih berkcmbang dengan lerbukanya hubungan denganwilayah lain. Namun demikian untuk mengrmbangbn pertanian di pedesaan ke dalamkondisi penanian agmindurlri memerluk:#n langbh pemecahan masalah yang cukuprumil. Mmgnngkal alam pikiran dan kullur pelani menuju sistem pnanian yang lebihmodern resuai dengan lunlulan kondisl pnanian agroinduslri n~asihh ams berhadapandengan kelerbalasan lasililas penanian modern yang umum dijunlpai di Indonesia.
DAMPAK DAN UPAYA MENGENDALI GAS BUANG KENDARAAN BERMOTOR Moch. Solikin Moch. Solikin
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1997,TH.XVI
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/cp.v3i3.9146

Abstract

Meningkatnya jumlah kendaraan bermoror menyebabkan mobilitas masyarakaidalam melabanakan pembangunan semakin lancar. Namun penumbuhan jilmlahkendaraan bemotor yang tinggi apabila tidak diikuli dengan peningkatan saranapenunjangnya yailu luas jalan dan menejemen pengaturan yang baikakan mcnyebabbnkemacetan yang pada gilirannya akan meningkatnya pencemaran (polusi) udara olehgas buang.Aktivilas transwnasi I kendaraan bermotor, industri, power phnl, rumahtangga maupun perkantoran menghasilkan polutan yang menyebabkan polusi udara. Diantara sumber palutan yang lainnya kendaraan bermotor mempakan rumber palutanterbesar, pada kata besar 98% polutan udara berasal dari kendaraan bermotor. Gasbuang kdaraan bemalor nlenGndung polutan CO, HC, Ox dan Pb.Dampak polulan CO menyebabkan meningkatnya COHb darah yangmengakibatkan kurangnya oksigen pada darah, sehingga dapat menimbulkan kematian.Polutan HC menyebabkan irilasi pada mukosa sehingga mala pedih, lemas, pusingbahkan kemalian bila konsentrasinya mencapai 20.000 ppm, dan pada tumbuhan dapalmenghambal penumbuhan, wama daun dan kemalian bagian bunga. Polutan NOx yangberbahava adalah NO dan NOZ pada manusia palutan ini dapat menyebabkangangguai pernapasan sampai kemilian, sedangkan pada tnmbulh menyebabkankerusakan pada daun. Sedangkan polutan Pb aka" mencemari tanaman, bila hasilnyadikonsumsi manusia aka" menyebakan keracunan Pb, pada lahap lanjut keracunan inimenyebabkan kankerotak dan Lkit kcpala akut.Upaya mengendalikan dan mengalasi dampak gas buang kendaraan bemolormenjadi tanggung jawab benama, khususnya pemakai, pemerintah dan para ahliotomolif. Pendekatan yang digunakan dapat bempa pendekalan teknis, planotologi,adminislrasi, hukum dan edukatif.

Page 1 of 2 | Total Record : 16


Filter by Year

1997 1997


Filter By Issues
All Issue Vol 42, No 3 (2023): Cakrawala Pendidikan (October 2023) Vol 42, No 2 (2023): Cakrawala Pendidikan (June 2023) Vol 42, No 1 (2023): Cakrawala Pendidikan (February 2023) Vol 41, No 3 (2022): Cakrawala Pendidikan (October 2022) Vol 41, No 2 (2022): Cakrawala Pendidikan (June 2022) Vol 41, No 1 (2022): Cakrawala Pendidikan (February 2022) Vol 40, No 3 (2021): Cakrawala Pendidikan (October 2021) Vol 40, No 2 (2021): Cakrawala Pendidikan (June 2021) Vol 40, No 1 (2021): Cakrawala Pendidikan (February 2021) Vol 39, No 3 (2020): CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 39, NO. 3, OCTOBER 2020 Vol 39, No 2 (2020): CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 39, NO. 2, JUNE 2020 Vol 39, No 1 (2020): CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 39, NO. 1, FEBRUARY 2020 CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 38, NO. 3, OCTOBER 2019 CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 38, NO. 2, JUNE 2019 CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 38, NO. 1, FEBRUARY 2019 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI OKTOBER 2018, TH.XXXVII, NO.3 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI JUNI 2018, TH.XXXVII, NO.2 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2018, TH.XXXVII, NO.1 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI OKTOBER 2017, TH.XXXVI, NO.3 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI JUNI 2017, TH. XXXVI, NO. 2 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2017, TH. XXXVI, NO. 1 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI OKTOBER 2016, TH. XXXV, NO. 3 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI JUNI 2016, TH. XXXV, NO. 2 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2016, TH. XXXV, NO. 1 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI OKTOBER 2015, TH. XXXIV, NO. 3 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI JUNI 2015, TH. XXXIV, NO. 2 CAKRAWALA PENDIDIKAN FEBRUARI 2015, TH. XXXIV, NO. 1 CAKRAWALA PENDIDIKAN OKTOBER 2014, TH. XXXIII, NO. 3 CAKRAWALA PENDIDIKAN JUNI 2014, TH. XXXIII, NO. 2 CAKRAWALA PENDIDIKAN FEBRUARI 2014, TH. XXXIII, NO. 1 No 3 (2013): CAKRAWALA PENDIDIKAN NOVEMBER 2013, TH. XXXII, NO. 3 No 2 (2013): CAKRAWALA PENDIDIKAN Juni 2013, Th. XXXII, No. 2 No 1 (2013): CAKRAWALA PENDIDIKAN Februari 2013, Th. XXXII, No. 1 No 3 (2012): Cakrawala Pendidikan edisi November 2012, Th. XXXI, No. 3 No 2 (2012): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI Juni 2012, Th. XXXI, No. 2 No 1 (2012): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI Februari 2012, Th. XXXI, No. 1 No 3 (2011): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI NOVEMBER 2011, Th. XXX, No. 3 No 1 (2011): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI Februari 2011, Th. XXX, No. 1 No 2 (2011): CAKRAWALA PENDIDIKAN Mei 2011, Th. XXX, Edisi Khusus Dies Natalis UNY No 3 (2010): Cakrawala Pendidikan, November 2010, Th. XXIX, No. 3 No 2 (2010): Cakrawala Pendidikan, Juni 2010, Th. XXIX, No. 2 No 3 (2010): Mei 2010, Th. XXIX, Edisi Khusus Dies Natalis UNY No 1 (2010): Cakrawala Pendidikan Edisi Februari 2010 No 3 (2009): Cakrawala Pendidikan, November 2009, Th. XXVIII, No. 3 No 2 (2009): Cakrawala Pendidikan, Juni 2009, Th. XXVIII, No. 2 No 1 (2009): CAKRAWALA PENDIDIKAN, Februari 2009, Th. XXVIII, No. 1 Vol 2, No 2 (2008): Cakrawala Pendidikan, Juni 2008, Th. XXVII, No. 2 Vol 1, No 1 (2008): Cakrawala Pendidikan, Februari 2008, Th. XXVII, No. 1 No 3 (2008): Cakrawala Pendidikan, November 2008, Th. XXVII, No. 3 Vol 3, No 3 (2007): Cakrawala Pendidikan, November 2007, Th. XXVI, No. 3 Vol 2, No 2 (2007): Cakrawala Pendidikan, Juni 2007, Th. XXVI, No. 2 Vol 1, No 1 (2007): Cakrawala Pendidikan, Februari 2007, Th. XXVI, No. 1 No 3 (2006): Cakrawala Pendidikan, November 2006, Th. XXV, No.3 No 2 (2006): Cakrawala Pendidikan, Juni 2006, Th. XXV, No.2 No 1 (2006): Cakrawala Pendidikan, Februari 2006, Th. XXV, No.1 No 3 (2005): Cakrawala Pendidikan, November 2005, Th. XXIV, No.3 No 2 (2005): Cakrawala Pendidikan, Juni 2005, Th. XXIV, No.2 No 1 (2005): Cakrawala Pendidikan, Edisi Februari 2005, Th. XXIV, No.1 No 3 (2004): Cakrawala Pendidikan edisi November 2004, Th. XXIII, No.3 No 2 (2004): CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI JUNI 2004, TH. XXIII, NO. 2 No 1 (2004): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2004, TH. XXIII, NO. 1 No 3 (2003): Cakrawala Pendidikan edisi November 2003, Th. XXII, No. 3 No 2 (2003): CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI JUNI 2003, TH. XXII, NO. 2 No 1 (2003): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2003, TH. XXII, NO. 1 No 3 (2002): CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI NOVEMBER 2002, TH. XXI, NO. 3 No 2 (2002): Cakrawala Pendidikan edisi Juni 2002, Th. XXI, No. 2 No 1 (2002): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2002,TH XXI. NO.1 CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,2001,TH.XX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,2001,TH.XX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,2001,TH.XX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,2000,TH.XX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1999,TH.XVIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1999,TH.XVIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1999,TH.XVIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1998,TH.XVII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1998,TH.XVII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1997,TH.XVI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1997,TH.XVI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1997,TH.XVI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1996,TH.XV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1996,TH.XV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1996,TH.XV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1995,TH.XIX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1995,TH.XIX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1995,TH.XIX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1994,TH.XIV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1994,TH.XIV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1994,TH.XIV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1993,TH.XIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1993,TH.XIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1993,TH.XIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1992,TH.XII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1992,TH.XII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1991,TH.XI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1991,TH.XI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1990,TH.X CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1990,TH.X CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1989,TH.VIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1989,TH.VIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1989,TH.VIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1988,TH.VII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1988,TH.VII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1988,TH.VII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1987,TH.VI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1987,TH.VI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1985,TH.IX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1985,TH.IX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1984,TH.IV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1984,TH.IV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1983,TH.III CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1983,TH.III CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1983,TH.III CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1982,TH.II CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1981,TH.I CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1981,TH.I More Issue